Cara Mengukur Elco

Sore ini saya dipanggil via handphone untuk memperbaiki TV polytron slim yang rusak katanya sempat berkedip dan balik posisi off atau standby.

Lucunya saya ini memang suka belajar tapi haya sebatas membaca dan tidak pernah praktek apa yang sudah saya pelajari khusus tentang elektronik.

Entah kenapa saya begitu suka dan tertarik dengan dunia elektro walaupun tidak pernah sekolah elektro ataupun mencoba otodidak untuk langsung memperbaiki kerusakan, tapi saya selalu menjadi orang yang pertama di cari di kampung untuk dimintai tolong memperbaiki tapi saya tidak pernah mau dan selalu bilang tidak bisa.

Tepat hari ini tanggal 03/10/2021 saya mengiyakan untuk membantu memperbaiki mungkin lebih tepatnya bantu ngecek kali😁

Habis solat ashar langsung otw lokasi sampai sana langsung cek dan benar saja tv emang sesuai penjelasan awal.

Langsung sok teknisi saya bongkar dan cek tapi sayang pas pergi beli komponen toko sudah tutup. Pending besok

Dari pengalaman ini saya hanya ingin berbagi sesuai dengan yang saya alami bukan maksud untuk menggurui atau sok hebat tapi lebih sharing.

Pengetahuan yang akan saya bagi adalah dasar atau basic pengenalan komponen yaitu elco.

Elco ini berbentuk bulat lonjong yang ditandai warna dasar hitam putih pada bagian hitam biasa tertera berapa micro contoh 10 uf 50 V dan sekaligus kedua warna sebagai penanda plus minus.

Kebetulan saya menggunakan avometer analog (biasa) untuk mengetahui kondisi elco apakah dalam keadaan baik, sedang dan rusak.

Atur posisi skalar ke X1k

Hubungkan probe Merah (positif) dan probe hitam (negatif) ke kaki kapasitor

Perhatikan jarum avo pada layar :

Jika jarum naik dan kembali lagi artinya kapasitor atau elco dalam keadaan baik.

Jika jarum naik dan tidak kembali berarti sedang atau sudah penurunan daya yang lebih mendekati rusak.

Jika jarum tidak naik sama sekali maka sudah jelas kapasitor rusak.


Semoga ulasan ini memberi manfaat dan jika ada kekurangan mohon untuk ditambahkan dalam kolom komentar karena sesuai penjelasan awal bahwa saya masih newbie alias masih belajar.

Subscribe to receive free email updates: