Polytron 123 Hanya Layar Putih

TV polytron 123 21 inch salah satu televisi tabung yang mempunya suara seperti memakai salon (speaker aktif), suaranya memang luar biasa boom bastis. 

Untuk detail spesifikasi bisa di follow up melalui google saja karena yang akan saya bahas dan ceritakan adalah kerusakan yang pernah saya temui.

Ceritanya om saya mempunyai jenis tv ini dan sedang asyik-asyik nonton tiba tv mati ketika dihidupkan ulang hanya muncul blank putih, hanya melotot pada layar warna putih.

Singkat cerita saya dihubungi untuk dimintai tolong carikan tukan service dan kebetulan saya emang ada teman yang sekaligus sebagai guru dalam belajar memperbaiki kerusakan-kerusakan pada elektronik. Akhirnya kami datang kesana setelah dilakukan pengecekan semua tegangan (teg) dalam keadaan normal dan saya juga ikut cari solusi dengan memposting digroup.

Dan prediksi teman saya dan dari hasil group memponis IC HBT. Akhirnya tv belum bisa selesai karena harus nyari IC pencarian yang saya lakukan hampir 1 minggu. 

Karena teman saya juga gak dapat-dapat begitupun saya maka garapan untuk melihat tv ini jadi menjadi layu.

Entah kenapa saya ngasih saran untuk mintak tolong sama tukang yang ada di tetangga kampung sebelah dengan harapan siapa tahu dia ada pernah menemukan kasus seperti ini. 

Akhirnya om saya pergi ke rumah tukang tersebut dan langsung di ajak setelah menceritakan kronologis kerusakan yang terjadi pada tv.

Sampai di tkp, dia (tukang tersebut) bilang kalau dengan ciri seperti ini dan ditambah semua tegangan normal penyakitnya bukan pada IC HBT melainka IC Memori.

Kebetulan IC memory sudah dipersiapkan oleh pak tukang dan dengan cepat langsung eksekusi untuk ganti IC tersebut dan alhamdulillah setelah dicoba tv langsung seperti sediakala alias normal kebali.

Semoga pengalaman ini memberikan manfaat, siapa tahu ada sedang mengalami trouble sama dan mudah-mudahan menjadi solusi yang tepat.

Subscribe to receive free email updates: